Minggu, 01 November 2015

PNPM MPd –Arsip Berita Oktober 2013

CAMAT POTONG TUMPENG SAAT SERAH TERIMA BANGUNAN TK  BATU MERANTI

Sungai Loban - Musyawarah Desa Serah Terima (MDST) pembangunan TK  Batu MerantiKamis (31/10/2013) di laksakan di Gedung TK yang baru di bangun  tersebut di hadiri oleh Camat Sungai Loban H. Suwignyo, A.Md, Kapolsek Sungai Loban Iptu Aris Munandar, PJO Kecamatan Sungai Loban Rahmani, S.Sos, FT Sungai Loban Halimatus Saadiah dan FK  Sungai Loban Fahrin Noriza.

Dalam sambutannya, Camat mengharapkan penggunaan gedung ini secara maksimal terutama untuk kepentingan pendidikan  tingkat  anak usia dini, dan berharap kepada Dewan Guru agar dalam melakukan penerimaan siswa jangan sampai  memberatkan  anak – anak yang kurang mampu, Beliau mengharapkan  Dewan guru mempunyai kebijakan di dalam  penerimaan murid, bahkan Camat siap membantu  pihak Dewan Guru  apabila sekolah dalam  masalah .

Dialog di lakukan Camat Sungai Loban bersama Dewan Guru dan orang tua murid serta undangan yang hadir dalam acara MDST.Disampaikan oleh salah satu dewan guru TK bahwa terdapat 100 orang lebih siswa  di TK tersebut, dengan hanya  5 orang tenaga pengajar  yang hanya berstatus PTT dan  Honorer.
Setelah di bacakan doa dan sholawat dan para hadirin yang hadir kemudian di teruskan Pemotongan Tumpeng  yang di lakukan  Oleh Camat Sungai Loban, dengan demikian TK ini sudah bisa di gunakan, setelah sebelumnya telah di serah terimakan dari TPK Giyono  kepada Kepala Desa  Batu Meranti, Arianto. Kemudian menyerahkannya kepada Dewan Guru TK tersebut.

Disampaikan  oleh Ketua TPK Desa Batu Meranti,  Gedung TK ini mempunyai ukuran 8 m x 21 m, menghabiskan dana Program PNPM Mandiri Perdesaan  sebesar  Rp 206.922.200,- sudah termasuk operasional untuk  TPK dan  UPK  dalam pertanggung jawaban yang di sampaikan kepada peserta Musyawarah Desa  yang di hadiri sekitar 100 orang, secara aklamasi menerima pertanggung jawaban dari TPK  Desa Batu Meranti ini.
(Sumber : FK Sungai Loban)


BANGGA MEMBANGUN DESA

MDST Desa Tri Mulya
Pelaksanaan MDST Pembangunan TK Desa Tri Mulya  di laksanakan di Aula Desa Tri Mulya Kecamatan  Sungai Loban ini kali ini di hadiri oleh PJO Kecamatan Sungai Loban Rahmani, S.Sos  yang dalam sambutannya mengharapkan untuk memperhatikan perawatan Gedung TK ini pasca  selesainya pembangunan ini, beliau mengharapkan agar desa menganggarkan melalui ADD  untuk pemeliharaan Gedung TK yang sudah menghabiskan  dana Rp 159.758.000 dari program PNPM Mandiri perdesaan 2013 mengakhiri sambutannya.

MDSTDesa Tri Martani
Hari Selasa (29/10/2013) terasa berbeda dengan hari biasanya  karena  saat itu  di Desa Tri Martani dilaksanakan  Musyawarah  Desa Serah Terima  hasil pekerjaan yang di laksanakan oleh TPK  kepada  Kepala Desa  Tri Martani, I Wayan Darsana  yang mewaliki masyarakat  untuk menerima hasil pekerjaan, peserta  musyawarah yang kebayakan dari kaum hawa ini  terutama ibu – ibu yang mempunyai putra dan putri di TK ini tak ketinggalan juga dewan guru TK Tri Martani. Undangan yang hadir PJO Kecamatan Sungai Loban Rahmani, S.Sos serta Ekobang Kecamatan Sungai Loban Sam’ani, S.Sos beserta staf, Fastekkab Ibu Ani Novaida, ST, FT Sungai Loban Halimatus Sa’adiah dan FK Sungai Loban  Fahrin Noriza serta dari UPK Kecamatan Sungai Loban , acara yang di pandu oleh TPK Tri Martani.
(Sumber : FK Sungai Loban)


BKAD SUNGAI LOBAN GELAR RAPAT TEKNIS BAHAS TUNGGAKAN UEP
Sungai Loban - Dalam rapat tehins yang di laksanakan oleh BKAD se-Kecamtan Sungai Loban, UPK, BP-UPK, PL, FK dan FT Sungai Loban  pada hari Rabu (30/10/2013), terungkap kekawatiran dari BKAD dengan tunggakan UEP yang ada di UPK Kecamatan Sungai Loban yang sangat mempengaruhi pembagian surplus akan terjadi seperti tahun yang lalu, untuk itu peserta Rapat yang terdiri dari BKAD  utusan desa yang ada di Kecamatan Sungai Loban untuk membentuk Tim Validasi tunggakan yang di koordinator oleh ketua BKAD yang baru Bapak Lalu Mujitahid dengan sekretatis I Wayan Sukadana dan anggota I Gusti Kompyang, Wayan Hartana dan Sri Utami.

Rencana Tim akan melakukan Koordinasi dengan Pelaku-pelaku PPK yang terdahulu  untuk menyelesaikan. Tempat disepakati di Kantor baru Layanan PNPM Kecamatan Sungai Loban.
Seperti di ketahui Tunggakan UEP ini terjadi pada Program PPK  sekitar sepuluh tahun yang silam akan tetapi dampaknya sangat mempengaruhi kondisi keuangan UPK Kecamatan Sungai Loban saat ini, menyebabkan tertahannya pembagian surplus UPK.Dengan dasar pemikiran tersebut  BKAD berkesimpulan perlunya tindak lanjut penyelesaian permasalahan tersebut hingga mendapatkan penyelesaian permasalahan untuk di bawa ke MAD.
Pada kesempatan itu juga di bahas mengenai rencana pembagian Aset PPK dan Hutang dengan Kecamatan Pemekaran Kuranji, penunjukan Specimen, kemudian rencana peresmian Kantor Layanan PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Sungai Loban  serta Reorganisasi Struktur BKAD untuk melakukan penyegaran terhadap organisasi. Secara aklamasi terpilih Bapak Lalu Mujitahid sebagai ketua menggantikan Bapak Effendi Ganie untuk dilakukan penetapan pada MAD nanti.

Sesi akhir BKAD membahas rencana pelaksanaan singkronisasi kegiatan dan pembahasan  kegiatan berbasis kawasan antar desa /kampung.
Dari  hasil penggalian gagasan pada Musyawarah Desa Khusus Perempuan ( MDKP ) dan Musyawarah Desa Perencanaan (MDP)ke 15 desa,  terdapat 81 usulan baik itu PNPM Mandiri Perdesaan maupun PNPM MPd Integrasi untuk Tahun Anggaran 2014.
Hasil pembahan terbagi menjadi beberapa Usulan, meliputi:
I. Berbasis Kawasan dan Ekonomi
II. Usulan yang berbasi Kawasan
III. Usulan yang berbasis Ekonomi saja
IV. Usulan yang tidak berbasis kawasan dan ekonomi
Serta usulan dari PNPM MPd Integrasi TA 2014.
Adapun indentifikasi ini adalah untuk mengumpulkan Usulan yang sama jenis, usulan kegiatan yang secara fungsional saling mendukung  dan di perhitungkan secara otomatis atau lebih efisien jika dapat di sinerjikan menjadi satu paket kegiatan, usulan kegiatan dari beberapa desa yang secara tehnis memerlukan sumber daya pendukung yang sama atau  misalkan kesamaan usulan pelatihan yang bisa di satukan menjadi usulan Kesamaan wilayah.
(Sumber : FK Sungai Loban)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar