Minggu, 01 November 2015

Lomba Desa Tri Martani (Arsip Berita Maret 2014)

WAKILI KECAMATAN SUNGAI LOBAN, TRI MARTANI IKUTI LOMBA DESA TINGKAT KABUPATEN

Rabu, 19 Maret 2014 tim penilai lomba desa tingkat kabupaten Tanah Bumbu melakukan kunjungan penilaian ke desa Tri Martani. Tri Martani adalah desa tetangga Batu Meranti yang berbatas langsung bagian sebelah timur. Kunjungan tim penilai tepat dilakukan pada pukul 14.00 Wita dan kedatangan tim pun sudah dinantikan oleh ratusan warga desa Tri Martani beserta undangan lainnya yang telah hadir sejak dari pagi.
Terlihat antusiasme warga dengan memadati areal kantor desa hingga ruas jalan pemerintahan desa dengan berbagai macam pakaian adat khususnya adat Bali dan Jawa. Terlebih penyambutan juga disuguhi permainan alat music khas Bali, aroma pulau dewata pun terasa.
Pada pembukaan Kepala desa Tri Martani, I Wayan Darsana mengungkapkan sejarah desa Tri Martani dan upaya bersama warga desa bahu membahu mempersiapkan momen lomba desa ini.
“secara sejarah penamaan Tri Martani karena desa ini mayoritas  terdiri dari 3 suku, yaitu suku Jawa, suku Bali dan Suku Banjar, sedangkan Martani karena sebagian warga kami bekerja dibidang tani. Namun demikian, secara social kehidupan didesa ini sangat rukun dan toleran termasuk dalam persiapan lomba desa warga kami bahu membahu sukarela membantu sejak pertama kami ditunjuk mewakili kecamatan Sungai Loban.” Tukas Wayan Darsane
Ada beberapa kriteria yang menjadi penilaian dalam perlombaan ini yaitu; bidang pengelolaan administrasi desa dan pengelolaan keuangan desa, profil desa dan kelurahan baik yang manual maupun profil desa online, serta aktifitas kegiatan masyarakat dalam bidang kesehatan, pendidikan, PKK, Bumdes  serta tingkat keaktifan warga dalam pembangunan desa.
Setelah pembukaan, tim penilai lomba desa langsung melakukan pengecekan ke lapangan terkait kriteria penilaian. Kantor desa Tri Martani pertama didatangi untuk pengecekan administrasi desa, seluruh perangkat desa terlibat komunikasi langsung dengan tim penilai. Kemudian mengecek langsung beberapa sarana air bersih, jalan, peresapan air,  PKK, Bumdes, kelompok tani dan ternak serta kepemudaan.
Lomba desa bukanlah mengejar untuk menjadi juara namun yang terpenting adalah untuk melakukan evaluasi sejauh mana perkembangan yang telah dilakukan desa. Selain itu, juga sebagai evaluasi sumber daya manusia perangkat desa mengingat tahun ini ada penambahan dana hampir satu miliar per desa, yang artinya butuh pengelolaan secara baik dan rapi.
Untuk hasil penilaian akan diumumkan beberapa hari kedepan setelah tim menuntaskan penilaian langsung setiap desa yang mengikuti perlombaan. Kemudian pemenang tingkat kabupaten akan mewakili lomba desa tingkat propinsi.






JUARA 1 LOMBA DESA TINGKAT KABUPATEN, TRI MARTANI MENUJU PROVINSI
Meraih juara 1 dalam lomba desa tingkat kabupaten Tanah Bumbu, desa Tri Martani kecamatan Sungai Loban menuju Provinsi. Desa Tri Martani dalam semua aspek penilaian tim kabupaten mendapat poin tertinggi, terlebih dalam administrasi desa dan produk hukum desa.
Dengan juara 1 ini otomatis desa Tri Martani mewakili kabupaten Tanah bumbu dalam lomba desa tingkat provinsi yang dilakukan pada tanggal 23 April 2014. Persiapan pun dilakukan secara marathon dan gotong royong. BPMPD, kecamatan Sungai Loban, masyarakat desa bersama-sama menata desa dalam perlombaan ini. beberapa sector yang lemah dalam penilaian kabupaten lalu dibenahi dalam mengikuti lomba desa tingkat provinsi kali ini.

Tepat pukul 10.30 WITA tim penilai provinsi tiba didesa Tri Martani didampingi oleh ketua Tim penggerak PKK Kabupaten, Erwinda H Maming. Ratusan warga desa Tri Martani menyambut dengan kegembiraan dan yel-yel musik khas pulau dewata.
Setelah acara pembukaan tim penilai langsung melakukan penilaian pada aspek yang dinilai. Penilaian dimulai pada adminstrasi desa, produk hukum desa, kelembagaan desa, sector pendidikan, sector kesehatan, kepemudaan, tingkat keterlibatan  warga, prodeskel online, dan tata ruang desa. Terlihat tim penilai provinsi merasa lega dan senang dengan sambutan dan persiapan desa Tri Martani.
Kemudian acara dilanjutkan dengan silaturahmi ketua tim penggerak PKK Kabupaten, Erwinda H Maming bersama PKK Kecamatan Sungai Loban. Uniknya, silturrahmi ini dilakukan sambil berbelanja sayuran dan camilan murah yang disiapkan oleh panitia dan PKK. Sesi foto bersama pun tak terlewatkan.
 Harapan besar dari pemerintah desa bahwa prestasi ini bisa membangkitkan jiwa kerukunan dan kebersamaan warga dalam membangun Tri Martani yang lebih maju. Juara atau tidak bukan menjadi ambisi utama, tetapi kesadaran kebersamaan dan kerukunan harus terdepan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar