Jumat, 06 November 2015

Isra Mi’raj di Desa Sumber Makmur (Arsip Berita 4/5/2015)

DIHADIRI BUPATI MARDANI H.MAMING, DESA SUMBER MAKMUR GELAR ACARA PERINGATAN ISRA MI’RAJ 2015

Sore hari, Senin (4/5/2015) tampak Mesjid Nurul Iman yang berada di Desa Sumber Makmur penuh dengan umat Muslim yang mengikuti peringatan Isra Mi’raj. Apalagi acara ini dihadiri Bapak Bupati Tanah Bumbu didampingi Ibu Ketua TP PKK Kabupaten, Erwinda Mardani beserta rombongan dari unsur Muspida (Kabupaten) dan Muspika (Kecamatan)

Andi Suryadi, Kepala Desa Sumber Makmur menyampaikan ucapan selamat datang kepada Bupati Mardani H.Maming dan Ibu berserta rombongan. Tak ketinggalan ucapan terimakasih, menurutnya ini adalah kunjungan Bupati yang kedua kalinya di Desa yang dipimpinnya sejak resmi secara definitif dimekarkan tahun 2011. Dalam kesempatan tersebut Kepala Desa menyampaikan harapan dari program-program Bapak Bupati terutama Program 1 Milyar 1 Desa, “Dengan program ini tidak ada lagi alasan bagi desa untuk tidak membangun dan berkembang, kami berharap program ini tetap terus bergulir dan berlanjut di masa-masa yang akan datang.” harapnya mengakhiri sambutan.

Bupati Tanah Bumbu dihadapan peserta yang hadir memadati ruangan dan halaman masjid menyampikan ucapan puji syukur dapat melaksanakan acara peringatan Isra Mi’Raj yang selalu dilaksanakan setiap tahun oleh Pemerintah Daerah di 10 Kecamatan. “Lima tahun masa jabatan saya dan ini sudah tahun ke lima, siapa tahu dalam janji visi misi saya tidak terealisasi ataupun ada kebijakan-kebijakan saya memutuskan sesuatu langsung ataupun tidak langsung menyakiti hati Bapak-bapak Ibu-ibu semua, kami memohon ampun dan meminta maaf” ucap Bupati Mardani.
Menanggapi program kabupaten 1 Milyar 1 Desa, bupati menyebutkan bahwa Tanah Bumbu lah yang paling pertama melaksanakannya yang bersumber dari APBD Kabupaten. “Insya Allah, nanti pada perubahan anggaran 2015 ada tambahan dana sebesar 400 juta dari pemerintah pusat bersumber dari APBN, sehingga totalnya menjadi 1,4 Milyar untuk setiap desa yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.” Jelas Bupati.

Peringatan Isra Mi’raj kali ini juga diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustad Hairudin dari Kota Pagatan Kecamatan Kusan Hilir.

Isra Mi’raj (bahasa Arab: Isrā’ wal-Mi‘rāj) berdasarkan Wikipedia http://id.wikipedia.org/wiki/Isra_Mikraj adalah bagian kedua dari perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa inilah dia mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam. Beberapa penggambaran tentang kejadian ini dapat dilihat di surah ke-17 di Al-Quran, yaitu Surah Al-Isra.
Menurut tradisi, perjalanan ini dikaitkan dengan Lailat al Mi'raj, sebagai salah satu tanggal paling penting dalam kalender Islam

Dalam situs http://kisahmuslim.com/hikmah-dari-perjalanan-isra-dan-miraj/ menyebutkan bahwa Perjalanan isra dan mi’raj merupakan perjalanan yang penuh berkah yang menunjukkan betapa Maha Kuasanya Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bagaimana seorang hamba –Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam-, bersama ruh dan jasadnya menempuh jarak ribuan bahkan jutaan kilometer hanya dalam satu malam saja. Dan dalam perjalanan yang sedemikian cepat tersebut, Allah kuasakan Nabi Muhammad mampu melihat keadaan sekitar yang beliau lewati, baik kejadian atau keadaan saat isra maupun mi’raj.

Berita oleh : I Wayan Sukadana, S.Hut (Admin Situs Kecamatan Sungai Loban)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar