Jumat, 06 November 2015

Desa Tri Martani, Lomba P2WKSS Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Arsip Berita 16/10/2014)

PERANAN WANITA MENUJU KELUARGA SEHAT SEJAHTERA

Sungai Loban - Desa Tri Martani Kecamatan Sungai Loban kembali diberikan kepercayaan untuk mewakili Kabupaten Tanah Bumbu dalam ajang Lomba P2WKSS Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang diselenggarakan Kamis (16/10/2014), sebelumnya desa ini mewakili kabupaten pada even lomba desa tingkat provinsi. Sementara itu Desa Batu Meranti terpilih mewakili Kabupaten Tanah Bumbu dalam ajang lomba GSI Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2014.

Terpilihnya dua desa ini sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Tanah Bumbu Nomor 188.45/187/BKBP3A/2014, tentang penetapan desa program terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sejahtera (P2WKSS) Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2014, serta Surat Keputusan Bupati Tanah Bumbu Nomor 188.45/188/BKBP3A/2014, tentang penetapan program Gerakan Sayang Ibu (GSI) Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2014.

Program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera atau lazim disebut P2WKSS, adalah salah satu upaya pemerintah bersama masyarakat mengembangkan sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) serta lingkungan untuk menumbuhkan keluarga sehat sejahtera dan bahagia untuk pembangunan masyarakat desa dengan perempuan sebagai penggerak, sehingga terwujudnya keluarga berkualitas kesetaraan jender dan perlindungan anak.

Acara dihadiri langsung oleh Ibu Bupati Erwinda Mardani H.Maming selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten bersama rombongan Muspida, Muspika dan Para Kepala Desa

Rombongan Tim Evaluasi dari Provinsi Kalimantan Selatan tiba di Desa Tri Martani sekitar pukul 9:45 WITA disambut antusias oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten bersama warga yang hadir dalam acara.

Menurut Kepala Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKBP3A) Kabupaten Tanah Bumbu, tujuan dilaksanakannya P2WKSS dan GSI adalah meningkatkan status kesehatan perempuan, meningkatkan status pendidikan perempuan, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perempuan dalam ikut serta meningkatkan ekonomi produktif, meningkatkan partisifasi perempuan dalam pelestarian lingkungan hidup, meningkatkan peran aktif perempuan dalam pengembangan masyarakat, meningkatkan peran aktif perempuan dalam wawasan kebangsaan, menurunkan angka kematian bayi, dan menurunkan angka kematian ibu.

Ucapan selamat datang kepada Tim/Rombongan P2WKSS Provinsi Kalimantan Selatan oleh Ketua TP PKK Desa Tri Martani, dalam kesempatan tersebut Ketua PKK Desa menyampaikan kegiatan2 yang dilaksanakan oleh Kelompok Kerja PKK baik dari Pokja 1 sampai dengan Pokja 4. Kami bisa melaksanakan kegiatan ini karena berkat binaan Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu dan PKK Kecamatan Sungai Loban, dukungan kebersamaan ibu-ibu masyarakat Desa Tri Martani serta partisifasi pihak ke-3, untuk itu kami mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya atas kebersamaannya. Paparnya mengakhiri sambutan.

Menurut Ketua Tim Evaluasi Ibu Hariyati, rombongan dari provinsi yang dipimpinnya terdiri 2 Tim, Tim pertama untuk evaluasi GSI berjumlah 4 orang, dan Tim kedua untuk evaluasi P2WKSS terdiri dari 10 orang.
Karena evaluasi ini lintas sektor kami bersama-sama dengan SKPD terkait untuk hadir disini, Kami ingin mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tidak hanya dari desa Tri Martani dan Desa Batu Meranti, kami juga mohon kesediaan bapak ibu dari SKPD Kabupaten berkenan untuk berbagi informasi dengan Tim Kami, karena kami ingin mendapatkan secara terpadu informasi yang Bapak Ibu berikan untuk desa-desa ini, disamping informsi dari warga masyarakat yang ada di desa dalam rangka pelaksanaan program P2WKSS dan GSI”. Paparnya.
Dalam pesannya, Beliau mengajak untuk meresapi lagu Indonesia Raya dan Mars PKK yang barusan dinyanyikan bersama-sama, aplikasi pelaksanaannya bisa melalui program P2WKSS dan GSI.
Atas nama Pemprov Kal-Sel kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada semua pihak, khusunya kepada Bapak Bupati Tanah Bumbu yang sangat mendukung program-program peningkatan kesejahteraan warganya, tidak lupa Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, komitmen Beliau untuk warga Kabupaten Tanah Bumbu bisa kita rasakan apa yang sudah beliau berikan kepada kita semua. Terang Ibu Hariati mengakhiri sambutannya.

Ucapan selamat datang kepada Tim Evaluasi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Selatan beserta rombongan oleh Bupati Tanah Bumbu. Dalam Sambutan yang dibacakan, menurut Bupati bahwa program terpadu P2WKSS dan GSI merupakan salah satu program peningkatan peranan wanita bidang pembangunan yang berupaya untuk mengembangkan SDM, SDA dan lingkungan untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat sejahtera dan bahagia dalam kerangka pembangunan masyarakat dengan wanita sebagai pelopor penggeraknya. Oleh karena itu, kepada ibu-ibu rumah tangga perlu diberi kesempatan untuk melakukan penambahan wawasan, tambahan pengetahuan dan keterampilan sehingga bisa mengelola kesehatan keluarga dengan baik serta mengelola sumber-sumber penghasilan keluarga untuk menunjang perekonomian keluarga. Kami berharap kepada Tim Pembina dan Evaluasi P2WKSS dan GSI Provinsi Kalimantan Selatan apabila nantinya di lapangan mendapatkan temuan yang diperoleh kiranya dapat segera disampaikan kepada kami dan itu akan kami jadikan sebagai bahan masukan untuk selanjutnya dievaluasi dan diperbaiki sehingga apa yang menjadi harapan kita kedepan dalam mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera serta mandiri dapat segara terwujud”, harap Bupati.
Menurut Mardani, dengan dipilihnya desa Tri Martani dan Desa Batu Meranti Kecamata Sungai Loban ini sebagai lokasi pembinaan evaluasi program P2WKSS dan GSI, Pemkab Tanah Bumbu menilai selama ini warga seluruh masyarakat khusunya kaum perempuan yang ada di desa ini telah berpartisifasi aktif dalam melaksanakan kegiatan yang menunjang pada peningkatan ekonomi produktif untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. “Maka atas dasar itu kami menetapkan Desa Tri martani dan Desa Batu Meranti Kecamatan Sungai loban ini yang telah siap mendapat pembinaan dan evaluasi untuk nantinya mengikuti penilaian pada program P2WKSS dan GSI tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2014. jelas Bupati pada akhir sambutan. *iws

Artikel berita oleh : I Wayan Sukadana, S.Hut – Admin situs Kecamatan Sungai Loban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar