Minggu, 01 November 2015

Lomba Desa Tri Martani (Arsip Berita 28/2/2014)

JELANG LOMBA DESA TINGKAT KABUPATEN, DESA TRI MARTANI BERBENAH

Sungai Loban (28/2/2014) - Menjelang Pelaksanaan Lomba Desa tingkat Kabupaten Tanah Bumbu, kini Desa Tri Martani yang memiliki 9 RT ini sedang melakukan berbagai persiapan.
Kegiatan Lomba Desa merupakan program rutin tiap tahun yang dilaksanakan dari tingkat kecamatan hingga tingkat nasional. Kegiatan ini diharapkan mampu mendorong perbaikan mutu pelayanan pemerintah desa kepada masyarakat, mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial kemasyarakatan, ketertiban dan keamanan, maupun pemerintahan desa. Lomba Desa juga dimaksudkan sebagai media untuk mengasah kreativitas, menumbuhkembangkan rasa memiliki dan kepedulian terhadap kemajuan desa sendiri sehingga pada akhirnya muncul rasa bangga sebagai warga desa.

Menurut Kepala Desa Tri Martani, I Wayan Darsana, dalam rangka menghadapi Lomba Desa Tingkat Kabupaten tahun ini, pihaknya telah melakukan berbagai upaya persiapan kearah itu. Mulai dari persiapan administrasi hingga menggerakkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.
Sementara Sekretaris Desa (Sekdes) Tri Martini, Iwan menyampaikan bahwa menghadapi lomba desa tahun 2014 di desanya, pihak-pihak yang terkait juga mulai turun ke desa Tri Martani dalam pembinaan berkenaan dengan bidang tugas atau leading sektor masing-masing.

Camat Sungai Loban, Kursani S.Sos saat melaksanakan Rapat Koordinasi Selasa (25/2/2014) menyampikan dipilihnya Desa Tri Martani mengikuti lomba Desa Tingkat Kabupaten mewakili Kecamatan Sungai Loban karena sebelumnya telah melalui beberapa tahapan antara lain hasil dari Monitoring dan Pembinaan langsung ke desa-desa dari 17 Desa yang ada di Kecamatan Sungai Loban yang sudah dimulai sejak Senin (10/2/2014) lalu.
Lebih lanjut camat menjelaskan beberapa poin yang akan dinilai seperti Dokumen Profil Desa, Perdes 2 tahun terakhir, RPJMDes dan RKPDes, serta APBDes 2 tahun terakhir. Dalam kesempatan tersebut Camat Kursani menghimbau kepada jajarannya untuk dapat membantu agar suksesnya pelaksanaan lomba desa di Tri Martini.

Sementara itu, kegiatan Lomba Desa tingkat Kabupaten Tanah Bumbu tahun ini belum diperoleh informasi pasti kapan pelaksanaan penilaiannya. Yang jelas menurut informasi pihak kantor kecamatan sekitar minggu ketiga bulan Maret 2014.

(*iws – admin kec sl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar