Sabtu, 07 November 2015

DISDUKCAPIL TANBU : KTP ELEKTONIK BERLAKU SEUMUR HIDUP

Berita dan Informasi, 28 September 2015

Sungai Loban - Upaya untuk mewujudkan kemudahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, berbagai langkah telah dilakukan oleh Pemerintah dengan kebijakan Administrasi kependudukan salah satunya dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu adalah dengan menggelar sosiliasi yang bertema Kebijakan Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2015 melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Senin (28/09/2015). Dihadiri lebih 100 peserta dari unsur Ketua RT dan para Kepala Desa se-Kecamatan Sungai Loban memadati Gedung Serbaguna Kantor Kecamatan.

Camat Sungai Loban Kursani, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menggelar sosialisasi berkenaan Kebijakan Kependudukan dan Catatan Sipil, serta mengajak seluruh perserta untuk benar-benar mengikuti kegiatan yang disampaikan oleh para pemateri. Disela-sela sambutannya, Camat berharap Pilkada Langsung Tahun ini dapat berjalan tertib dan lancar tidak terjadi konflik, ini adalah salah satu peran aktif para Ketua RT dalam menjaga kamtibmas di lingkungannya.
Kursani, S.Sos juga meminta Pemerintah Kabupaten memberikan perhatian serta pembinaan secara berkelanjutan kepada para Ketua RT sehingga timbal baliknya nanti adalah Ketua RT juga memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
Disinggungnya juga bahwa RT merupakan ujung tombak di desa berkenaan dengan pendataan kependudukan, bahkan saat ini Ketua RT menjadi limit terdepan dalam kemasyarakatan.

Syarat-syarat Penerbitan Dokumen Kependudukan/Catatan Sipil antara lain :

  • Kartu Keluarga
  • KTP Elektronik
  • Akta Kelahiran
  • Akta Perkawinan
  • Akta Perceraian
  • Akta Kematian
  • Pengesahan Anak
  • Pengakuan Anak
  • Adopsi Anak
pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Tanah Bumbu
dapat di-Download Pamflet Sosialisasinya di :
(Sumber : Hasil Scan Pamflet Sosialisasi oleh Disdukcapil Tanah Bumbu yang dibagikan ke para Ketua RT)

(Penulis : I Wayan Sukadana, S.Hut)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar