Jumat, 06 November 2015

Batu Mertanti, Lomba Desa Tingkat Kabupaten (Arsip Berita 31/3/2015)

SEGUDANG PRESTASI HANTARKAN BATU MERANTI KEMBALI WAKILI KECAMATAN

Sungai Loban - Desa Batu Meranti terpilih kembali mewakili Kecamatan Sungai Loban dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu setelah sebelumnya pada tahun 2009 desa ini ikut berpartisipasi sebagai juara 1 pada ajang yang sama.

Penilaian Lomba Desa yang digelar di halaman Kantor Desa Batu Merantihari ini, Selasa (31/3/2015) dipimpin langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan M. Ijra’i bersama Tim Penilai dari unsur BPMPD dan dinas terkait bersama pengurus TP PKK Kabupaten.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Batu Meranti Ariyanto menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Penilai dan seluruh undangan yang hadir memadati Gedung Serbaguna desa. Menurut Kades, terpilihnya kembali Desa Batu Meranti mengikuti lomba desa tingkat kabupaten kali ini berdasarkan Surat Keputusan Camat Sungai Lobantentang Penetapan Juara Lomba Desa Tingkat Kecamatan.Ariyanto menceritakan dulunya Desa Batu Meranti adalah eks transmigrasi tahun 1981 berjumlah 500 KK, “walaupun  dalam kurun waktu 10 tahun pada masa transisi tidak sedikit warga yang tidak betah dan akhirnya kembali ke daerah asal, namun saat ini desa kami sudah berkembang menjadi 826 KK dengan jumlah penduduk 2630 jiwa” ungkapnya.
Besarnya jumlah penduduk menjadi salah satu potensi untuk berkembangnya desa yang hampir 70% warganya adalah petani atau pekebun karet dan kelapa sawit.Potensi lain berupa sarana seperti pasar desa untuk menjual hasil pertanian dan peternakan, di bidang pemberdayaan terdapat kelompok simpan pinjam baik berupa Pra Koperasi yang sejak 2004 hingga saat ini masih aktif dan tetap akuntabel, SPP dan PUAP yang dikelola sejak 2008 hingga saat ini juga masih aktif dan produktif. Masih banyak potensi lain seperti ternak sapi dan akan dikembangkannya Biogas dari kotoran sapi. Jika dilihat dari sarana pendidikan formal, Desa Batu Meranti memiliki 2 buah SDN dan 1 buah SMPN, sedangkan non formal terdapat TK, PAUD TPA dan Pesantren.
Kepala Desa juga menyampaikan bahwa untuk mendukung program Bapak Bupati tentang persalinan gratis, desanya telah memberlakukan Peraturan Desa tentang persalinan gratis yang harus dilakukan di Poliklinik Desa, “bahkan pada kesempatan ini Desa Batu Meranti mendapat bantuan hibah satu unit mobil sehat dari CV.Amanah pimpinan Bapak H.Muhtarom untuk menunjang sarana kesehatan bagi warga desa” jelasnya.
Ariyanto menceritakan kurun waktu 2 tahun terakhir, ketertiban dan keamanan di Desa Batu Meranti juga cukup kondusif berkat swadaya dan partisipasi masyarakatnya dalam hal menjaga keamanan lingkungan. Pada tahun 2012 lalu desa ini menjadi yang terbaik dalam lomba poskamling tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh Polres Tanah Bumbu. “Partisipasi masyarakat dan swadaya gotong royong tetap terjaga termasuk dalam pelaksanaan lomba desa kali ini, bukti lainnya bahwa desa kami selalu memperoleh program PNPM dari tahun 2007 hingga 2014” paparnya.

Dalam bidang pemerintahan penyelenggaraan pelayanan masyarakat, Kepala Desa menegaskan tetap terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik, partisipatif, transparan dan akuntabel serta tertib administrasi seperti data prodeskel kependudukan, pembangunan dan data sosial kemayarakatan, “Salah satu layanan publik yang ada di desa kami adalah tersedianya perangkat internet gratis bagi masyarakat desa yang membutuhkan informasi”, jelasnya. Untuk diketahui, perangkat ini merupakan penghargaan yang diterima dari Kemenkominfo atas inisiatif dan kreatifitas dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi serta penggunaan domain DESA.ID tanggal 26 September 2014. “Desa Batu Meranti berhasil masuk juara tiga terbaik tingkat nasional dan juara 1 tingkat Provinsi Kal-Sel dalam hal pemanfaatan teknologi informatika dan komunikasi TIK, dan beberapa waktu yang lalu tanggal 18 Maret 2015 kami juga telah menandatangani MoU bersama Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan BP2DK untuk bekerjasama dalam percepatan pembentukan sistem informasi desa dan kawasan SIDEKA  di Kabupaten Tanah Bumbu” sambungnya mengakhiri sambutan.
Dari pengamatan penulis, desa ini juga mendapat penghargaan sebagai Juara Umum MTQ Tingkat Kecamatan Sungai Loban yang digelar pada bulan Februari 2015 lalu.
Dengan potensi dan modal prestasi yang ada di Desa Batu Meranti, Ariyanto optimis dan berharap bahwa desa yang dipimpinnya dapat menjadi yang terbaik sehingga masuk nominasi juara dalam penilaian lomba desa kali ini dan selanjutnya.

Seolah tak mau kalah dengan Kepala Desa, Ibu Ketua TP PKK Desa Batu Meranti, Marsini pun menyampaikan prestasi-prestasi yang sudah pernah diraih timnya. “Juara harapan II lomba anak PAUD Hari Kartini tingkat kabupaten tahun 2014, juara I lomba GSI tingkat kabupaten tahun 2014, juara I lomba P4PKK tingkat kabupaten tahun 2014, juara II lomba 10 rumah sehat tingkat kabupaten tahun 2014, dan juara I lomba sekretariat PKK tingkat kecamatan tahun 2015” paparnya.
Saat ini pengurus PKK Desa berjumlah 20 orang, PKK RW 8 orang, PKK RT 25 orang, Kader umum 20 orang, kader khusus 10 orang, dan jumlah kelompok dasa wisma adalah 69. Diakhir sambutannya, Marsini berharap pelaksanaan program PKK di masa yang akan datang dapat lebih baik lagi.

Camat Sungai Loban, Kursani S.Sos menegaskan berdasarkan indikatoryang terdapat pada Permendagri Nomor 13 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perlombaan Desa, maka Desa Batu Meranti layak menjadi juara I lomba desa tingkat Kecamatan Sungai Loban.
“Mudah-mudahan Tim Penilai dari Kabupaten dapat melihat Desa Batu Meranti secara Objektif, tidak hanya casingnya namun juga potensi-potensi yang cukup banyak ada di desa ini, silakan Tim menilai, semoga desa ini mendapat juara” harapnya.
Camat Kursani juga berharap semoga kegiatan lomba desa ini dapat menjadi motivasi bagi desa-desa lain untuk memacu peningkatan dan kemajuan di desanya.

Menanggapi kegiatan Lomba Desa pada kesempatan ini, Asisten I Bidang Pemerintahan M. Ijra’i menjelaskan kegiatan ini mengacu pada Permendagri Nomor 13 Tahun 2007, bahwa dalam rangka pemberdayaan masyarakat desa, perlu dilakukan penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi dan swadaya gotong royong masyarakat di desa, bahwa untuk menilai keberhasilan pembangunan desa, perlu dilakukan perlombaan desa secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan.
“Lomba desa ini juga menjadi rujukan bagi desa lain yang belum mendapat predikat, tidak perlu jauh-jauh untuk studi banding, namun desa ini bisa menjadi tujuan untuk dikunjungi” tegasnya.
Diakhir sambutannya, Beliau berharap tim penilai dapat memberikan penilaian dengan se-objektif mungkin, tim penilai mesti menyamakan persepsi.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan secara simbolis 1 (satu) unit Mobil Sehat untuk menunjang sarana kesehatan bagi warga Desa Batu Meranti bantuan hibah dari CV.Amanah pimpinan Bapak H.Muhtarom, beliau adalah warga setempat yang bertempat tinggal di Desa Batu Meranti.

(Penulis :I Wayan Sukadana, S.Hut – Admin situs domain Kecamatan Sungai Loban)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar