Sabtu, 31 Oktober 2015

Profil Desa dan Kelurahan (Arsip Berita 31/10/2013)



TETAP SEMANGAT IKUTI PELATIHAN PENGISIAN PRODESKEL ONLINE

Sungai LobanMenindaklanjuti rencana penyusunan Profil Desa Kelurahan (Prodeskel) di Kecamatan Sungai Loban, hari ini Kamis (31/10/2013) diadakan kegiatan pelatihan penyusunan profil desa kelurahan yang diikuti oleh para Sekretaris Desa atau satu orang perwakilan staf/aparat desa se Kecamatan sungai Loban. Dipandu oleh petugas BPMPD Tanah Bumbu, Rulikno yang didampingi Kasubbag Evadoklap, M.Sibyani, kali ini bertujuan untuk pengenalan materi sekaligus percobaan entri data langsung pada website Prodeskel di www.prodeskel.pmd.kemendagri.go.id. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 09.30 di Ruang Kerja Sekretariat Kecamatan Sungai Loban.

Website Prodeskel merupakan situs pendataan desa/kelurahan secara online dimana setiap data hasil pendataan petugas di desa/kelurahan langsung dientri dalam situs tersebut, tidak lagi melalui kecamatan ataupun kabupaten/kota. Situs ini merupakan inovasi terbaru dari Direktorat Jendral Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementrian Dalam Negeri RI. Masalahnya, tidak semua perangkat desa atau petugas pendataan familiar dan bisa menggunakan sistem ini. Apalagi memahami akan pentingnya data yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan dan bagaimana mengolah data yang sudah dientri tersebut untuk kepentingan pembuatan kebijakan desa/kelurahan kedepan. Pada kapasitas inilah, dilaksanakan pelatihan pengisian profil desa kelurahan (prodeskel) secara online.
Setelah dilakukan percobaan entri data, berbagai kendala dan kekurangan dihadapi, mulai dari koneksi internet yang tidak stabil karena masih menggunakan modem GSM dengan kualitas koneksi masih terputus putus kemungkinan akibat dari kapasitas pengguna website, disamping tampilan dan desain isian data yang masih belum familiar. Peserta pelatihan tetap semangat untuk mengikuti pengarahan-pengarahan oleh pemandu dan tetap optimis mampu mempelajarinya.

*iws - admin kec sl


Tidak ada komentar:

Posting Komentar