Sabtu, 31 Oktober 2015

Rakor PNPM-MPd (Arsip Berita 5/7/2013)



CAMAT SUNGAI LOBAN WARNING KEPALA DESA

SUNGAI LOBAN  (Sikompak) - Pada hari Jumat Tanggal 5 Juli 2013 bertempat di Aula Kecamatan Sungai Loban  di selenggarakan Rakor PNPM Mandiri Perdesaan dengan mengambil tema kegiatan “ Penguatan Kelembagaan untuk berkelanjutan Program Pemberdayaan Masyarakat menuju kemandirian “ acara yang di buka oleh Camat Sungai Loban H. Wignyo, A.Md.  yang di hadiri oleh Kapolsek Sungai Loban, PJO Kecamatan Sungai Loban, Seluruh Kepala Desa Se Kecamatan Sungai Loban ,  Seluruh BKAD, Seluruh BP- UPK dan Seluruh KPMD kecamatan Sungai Loban.  Dalam sambutannya Camat Sungai Loban Warning Kepala Desa Se Kecamatan Sungai Loban khususnya desa pemekaran yang sekarang  sudah menjadi Desa yang Dipenitif untuk memperhatikan Dokumen RPJMDES dalam rangka menghadapi Program PNPM Mandiri Perdesaan TA. 2014 , beliau menekankan kepada desa yang baru bergabung  di program PNPM MPd, pastikan   semua usulun desa sudah  termuat di dalam dokumen RPJMDES dan RKP Desa, bagi desa yang  belum menyelesaikan Dokumen RPJMDES  nya maka di pastikan tidak bisa mengikuti  program PNPM MPd TA. 2014 bahkan beliau memberi Date line bagi desa yang belum menyelesaikan RPJMDES nya  pertengahan bulan Agustus 2013 serta di berikan solusi pendampingan dari Pihak Pemerintahan  Kecamatan Sungai Loban dan Fasilitator Kecamatan  siap membantu desa,  sedangkan kepada desa yang  sudah lama bergabung program PNPM MPd, beliau menekankan untuk lebih termotivasi dengan bertambahnya desa pesaing yang dulunya hanya bersaing dengan 12 desa sekarang sudah menjadi 17 desa. Pada kesempatan itu juga Camat Sungai Loban menawarkan kepada peserta rapat  untuk di bahas Masalah Tim Verifikasi, yang selama ini terkadang  menjadi penilaian yang miring dari desa yang tidak mendapatkan program.  Untuk Program PNPM MPd Integrasi TA. 2014  Camat mengingatkan agar desa untuk mempersiapkan usulan – usulan  berkaitan dengan Kesehatan dan Pendidikan sesuai dengan kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

Pada kesempatan itu juga Kapolsek Sungai Loban Aries Munandar menghimbau kepada peserta rakor untuk saling meningkatkan kewaspadaan dalam rangka menyambut  Bulan Suci Ramadhan, beliau menyampaikan program Polsek Sungai Loban dalam rangka menyambut bulan puasa  seperti Razia  petasan  karena sangat menggangu ke khusu an bagi orang yang melaksanakan ibadah, dan razia kebut – kebutan. Polsek sungai loban akan melakukan patroli secara intensif untuk meng antisipasi kejahatan di bulan romadhan, karena menurut beliau menurut ilmu Anatomi  Kepolisian menjelang lebaran kejahatan semakin tinggi. Beliau juga menghimbau kepada peserta Rakor untuk meminimalisir nya  dengan mengurung niatnya dan menghilangkan kesempatannya yaitu dengan jalan masyarakat  waspada  serta meningkatkan Sikamling.
Pada kesempatan itu juga di Sosialisasikan kepada peserta Rakor  tentang Surat Kementerian Dalam Negeri RI, Direktorat Jendral PMD  nota Dinas Sekjen Kemendagri no. 402/4765/ PMD, tanggal  27 Juni 2013 perihal : Pencairan Dana BLM PNPM MPD TA. 2013 di bacakan   oleh Fasilitator Kecamatan Sungai Loban Fahrin Noriza,SE  di mana surat ini adalah tindak lanjut surat yang  terdahulu yang menyatakan   menundaan pencairan dana BLM kegiatan PNPM MPD TA. 2013 sebesar 20 % ( Tahap Terakhir ). Dengan adanya surat ini maka regulasi yang terdahulu dinyatakan tidak berlaku lagi atau pemotongan yang meresahkan TPK di Kecamatan Sungai Loban di nyatakan tidak jadi.

Pada bagian lain tentang Fasilitasi Pendampingan Tahapan Pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan TA. 2014 di sampaikan oleh Fasiltator Tehnis Kecamatan Sungai Loban Halimatus Sa’adiah ST  , mengenai titik kritis yang  biasa terjadi pada tahapan usulan yang  di laksanakan desa. Serta tentang kelembagaan BKAD dan Penambahan Anggota BKAD dari desa yang baru bergabung  di Program PNPM Mandiri Perdesaan  yang di sampaikan oleh Ketua UPK Kecamatan Sungai Loban.
Kesempatan terakhir di gunakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan Pembangunan Gedung UPK Kecamatan Sungai loban  dalam hal ini Divisi sarana Dan Prasana  BKAD Kecamatan Sungai Loban  Lalu Mujitahid menyampaikan progres kegiatan pelaksanaan pembangunan atau pertanggung jawaban pelaksanaan Tahap I  atau Laporan Pertanggung Jawaban Tahap I Pembangunan Gedung UPK Kecamatan Sungai.  (FNZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar