Sabtu, 31 Oktober 2015

Lomba Desa Tingkat Nasional (Arsip Berita 12/07/2013)

PERINGKAT 10 BESAR LOMBA DESA TINGKAT NASIONAL SUDAH DI TANGAN

Sungai Loban, Desa Sebamban Lama mewakili Provinsi Kalimantan Selatan untuk bertanding mengikuti Lomba Desa Tingkat Nasional, Kamis (12/07/2013). Sebelumnya Desa ini menjadi terbaik pertama pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang digelar pada Tanggal 8 Mei 2013 yang lalu.
Lomba desa dimaksudkan untuk mendorong peningkatan pemberdayaan masyarakat menuju penguatan otonomi desa, sehingga mampu mendorong usaha pembangunan berbasis masyarakat swadaya dan gotong royong dalam rangka mewujudkan visi misi baik desa maupun kabupaten. Disamping menilai seberapa jauh keberhasilan masyarakat dalam melaksanakan pembangunan desa selama periode satu tahun berjalan dengan dampak terwujudnya peningkatan di bidang penghidupan dan kehidupan sosial dan kebudayaan serta terbina dan terpeliharanya kehidupan yang sehat jasmani dan rohani.

Rombongan Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Nasional bersama Sekda Tanah Bumbu disambut Camat Sungai Loban dan seluruh undangan yang hadir pada Kegiatan Penilaian Lomba  Desa Tingkat Nasional di Desa Sebamban Lama Kecamatan Sungai Loban diiringi dengan Tarian Daerah Kalimantan Selatan.
Kehadiran 7 orang Tim Penilai dari Jakarta menarik perhatian masyarakat Desa Sebamban Lama pada penilaian lomba Desa Tingkat Nasional kali ini. Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Gusti Hidayat dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Rombongan Tim Penilai di Bumi Bersujud, Sekda mengapresiasi kegiatan tersebut sehingga dapat memotivasi kinerja Pemerintahan Desa untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Desa Sebamban Lama sebagai desa terbaik Tingkat Provinsi diharapkan menjadi yang terbaik di tingkat Nasional.

Kepala Tim Penilai memaparkan bahwa Desa Sebamban Lama sesuai dengan hasil penilaian terhadap data dukung dan instrument yang telah diserahkan ke Jakarta menjadi diantara 10 yang Terbaik Desa Tingkat Nasional. Bukan bekerjaan yang mudah untuk bisa menduduki posisi ini, prestasi ini bukan hanya dilihat dari 32 provinsi saja, melainkan proses dari awal dengan persaingan sebanyak 68.575 desa se Indonesia, tegasnya. Dalam rangka Klarifikasi lapangan, Tim akan menilai sejauh mana kesesuaian data dukung dan instrument tersebut di lapangan.
Sementara Kepala Desa Sebamban Lama (Plh) menyampaikan harapannya ada peningkatan prestasi sesuai upaya yang telah dilakukan. Penataan adminitrasi kependudukan maupun pelayanan kemasyarakatan sudah banyak dibenahi. Dengan bimbingan tim dari kecamatan dan Kabupaten, Desa Sebamban Lama diharapkan bisa berkompetisi di tingkat Nasional dan meraih penghargaan.

Wawancara oleh Tim Penilai cukup alot ditujukan kepada Perangkat Desa, Ibu-ibu PKK, Pengurus BPD, LPM, Karang Taruna, Kelompok SPP. Tidak terkecuali wawancara langsung kepada Camat Sungai Loban yang pada saat itu juga didampingi Kapolsek dan Danramil Sungai Loban. *iws

(I Wayan Sukadana - admin kec sl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar