Selasa, 22 Maret 2016

WAKIL BUPATI H. SUDIAN NOOR SERAHKAN BANTUAN SOSIAL BAGI MASYARAKAT KURANG MAMPU DI KECAMATAN SUNGAI LOBAN



Sungai Loban - Kegiatan Bakti Sosial penyerahan Bantuan Sembako dan Modal Usaha untuk Masyarakat Miskin, Selasa (22/3/2016) yang bersumber dari Dana Surflus UPK BKAD (SPP PNPM-MPd) Kecamatan Sungai Loban bertempat di Halaman Kantor Pelayanan Masyarakat (PNPM/BKAD Jalan Pemerintahan Desa Sari Mulya dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu, H. Sudian Noor.

Acara yang dimulai sejak pukul 09:00 Wita dihadiri oleh Anggota DPRD I Wayan Sudarma dan Ketut Mawe bersama unsur muspika yakni Camat, Kapolsek dan Danramil Sungai Loban, para Kepala Desa, Ketua BPD, dan para undangan termasuk Pengurus Kelompok Binaan UPK BKAD Sungai Loban dan para masyarakat kurang mampu penerima bantuan sosial.
Kegiatan bakti sosial ini memang rutin dilaksanakan tiap tahun oleh BKAD Kecamatan Sungai Loban sejak masih dibawah naungan PNPM-MPd yakni dari Tahun Anggaran 2012 hingga sekarang ini.

Dalam sambutannya Ketua BKAD Makmur Bersama Kecamatan Sungai Loban, Iwan melaporkan kegiatan Bakti Sosial hasil surflus UPK BKAD tahun anggaran 2015 berupa bantuan sembako sebanyak 344 paket ditambah bantuan Modal Usaha senilai Rp 300.000 bagi 29 orang masyarakat kurang mampu yang memiliki usaha kecil seperti penjual sayur, pentol, bensin eceran, gorengan keliling, maupun peternak itik petelur. Dalam kesempatan ini Iwan juga memohon kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu dapat menerbitkan produk hukum regulasi untuk legalitas kelembagaan yang selama ini masih berpedoman pada AD/ART dan SOP BKAD.


Sambutan juga disampaikan oleh Camat Sungai Loban, Kursani S.Sos dan Kepala BPMPD Kabupaten Tanah Bumbu, H. Suwignyo dihadapan Wakil Bupati dan Anggota Dewan serta para undangan yang hadir memenuhi tempat yang disediakan.

Wakil Bupati Tanah Bumbu, H. Sudian Noor dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah senantiasa perupaya serius memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh masyarakat di daerah ini. Pemerintah daerah juga senantiasa merespon persoalan-persoalan yang dihadapi oleh masyarakat termasuk dalam rangka membantu masyarakat kurang mampu di daerah ini. “Ini tentu menjadi komitmen kami pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan visi dan misi kami guna memberikan kesejahteraan taraf hidup masyarakat secara merata” ucap Wakil Bupati.

H. Sudian Noor menjelaskan pihaknya akan terus melakukan tinjauan langsung ke lapangan, baik dalam rangka mendengar keluhan, aspirasi masyarakat maupun dalam mengevaluasi data masyarakat kurang mampu di Bumi Bersujud ini.

“Dengan disersahkan bantuan sembako dan modal usaha dari alokasi surflus UPK BKAD Makmur Bersama tahun anggaran 2015 untuk masyarakat kurang mampu di Kecamatan Sungai Loban, kami pemerintah daerah sangat berharap bantuan ini dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan peruntukannya sehingga dapat meringankan beban dan membantu masyarakat kita untuk dapat lebih mandiri, maju dan sejahtera”. Tutup Wakil Bupati mengakhiri sambutannya yang dilanjutkan dengan penyerahan bantuan paket sembako dan modal usaha bagi masyarakat kurang mampu.

Sebagai informasi, kondisi modal usaha UPK BKAD Kecamatan Sungai Loban per tanggal 31 Desember 2015 adalah hampir 5,5 Milyar rupiah.
Untuk tahun anggaran 2015, laba kotor sekitar 838 Juta rupiah dikurangi cadangan resiko UEP dan SPP sehingga laba bersih (Surflus) sekitar 519 Juta rupiah. Berdasarkan juknis yang tertuang dalam AD/ART BKAD, perhitungan pembagian surflus yakni 50% digunakan untuk penambahan modal, 35% untuk kelembagaan, sisanya 15% digunakan untuk bantuan sosial yang nilainya sekitar 78 Juta rupiah. Inilah yang diserahkan ke masyarakat kurang mampu dalam bentuk bantuan sosial berupa paket sembako dan bantuan modal usaha.

Kegiatan Bakti Sosial ini sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras dan sinergi yang baik antara UPK BKAD “Makmur Bersama” Kecamatan Sungai Loban dengan Kelompok Binaan dalam memberdayakan ibu-ibu di perdesaan sehingga mampu berkontribusi nyata dalam mengembangkan Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (dari PNPM) yang hasilnya dapat kita rasakan sekarang yakni berbagi dengan masyarakat miskin dalam bentuk bantuan sosial dari hasil surflus UPK BKAD tiap tahun. *iws

Artikel dan Foto oleh : I Wayan Sukadana, S.Hut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar